manajemen strategik “LENOVO”

PENGERTIAN DAN KONSEP MANAJEMEN STRATEJIK

Manajemen stratejik adalah suatu proses untuk perencanaan, implementasi (penerapan) dan pengendalian strategi bagi organisasi atau perusahaan, dimana untuk mendukung strategi juga dengan menentukan misi dan tujuan perusahaan atau organisasi tersebut, untuk menghadapi lingkungan eksternalnya yang selalu berubah.

Manajemen pada saat ini sangat penting di rencanakan oleh perusahaan atau organisasi, baik itu yang mencari laba atau tidak utamanya mencari laba(seperti Yayasan dan Rumah Sakit ). Rencana masa depan bagi setiap perusahaan adalah dengan harapan ke depannya akan lebih baik, namun karena masa depan tidak bisa di prediksi dengan pasti, namun untuk menghadapi ketidakpastian masa depan tersebut, perlu dibuat suatu perencanaan stratejik untuk ke depan.

Pengertian/definisi Manajemen Stratejik  Manajemen strategis merupakan proses atau rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, disertai penetapan cara melaksanakannya, yang dibuat oleh pimpinan dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran di dalam suatu organisasi, untuk mencapai tujuan. Menurut Pearch dan Robinson (1997) dikatakan bahwa manajemen stratejik adalah kumpulan dan tindakan yang menghasilkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi. Sedangkan pengertian manajemen stratejik menurut Nawawi adalah perencanaan berskala besar (disebut perencanaan strategi) yang berorientasi pada jangkauan masa depan yang jauh (disebut visi), dan ditetapkan sebagai keputusan pimpinan tertinggi (keputusan yang bersifat mendasar dan prinsipil), agar memungkinkan organisasi berinteraksi secara efektif (disebut misi), dalam usaha menghasilkan sesuatu (perencanaan operaional untuk menghasilkan barang dan/atau jasa serta pelayanan) yang berkualitas, dengan diarahkan pada optimalisasi pencapaian tujuan (disebut tujuan stratejik) dan berbagai sasaran (tujuan operasional) organsasi.

    images

SEJARAH LENOVO

Lenovo Group Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group, adalah produsen PC terbesar di Republik Rakyat Cina. Pada 2004, Lenovo adalah produsen PC terbesar kedelapan di dunia. Lenovo juga menjual server, komputer genggam, perangkat pencitraan, dan telepon genggam. Selain itu, Lenovo juga menyediakan integrasi teknologi informasi dan jasa dukungan kepadanya. Unit QDI-nya menawarkan produksi secara kontrak. Pada Desember 2004, Lenovo mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih divisi PC IBM, perusahaan Amerika Serikat yang pernah mempunyai monopoli dalam pasar PC. Pengambilalihan ini diharapkan akan membuat Lenovo dapat mengembangkan sayapnya di Barat agar dapat menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia. Pada 1 Mei 2005, Lenovo dengan resmi mengambil alih divisi PC IBM tersebut. Lenovo didirikan di Cina pada tahun 1984, Lenovo adalah salah satu pemimpin global dalam bidang komputer. Menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan teknologi yang progresif dan bisa diandalkan. Laptop Lenovo adalah perangkat yang dapat membantu meningkatkan produktivitas secara pribadi dan juga dalam berbisnis.

Pada saat ini banyak bermunculan nama-nama perusahan yang bergerak dalam bidang yang sama seperti Lenovo,sehingga persaingan semakin ketat. Perusahaan perusahaan ini terus berlomba lomba untuk memberikan hal yang baru kepada konsumen khususnya di wilayah Indonesia. Pada saat ini Lenovo telah memiliki anak perusahaan di Indonesia yang bertempat di Ibu kota Jakarta dan pusat perusahaan Lenovo di Asia Tenggara adalah Singapore.

Dalam blog ini akan membahas mengenai nama merk dagang Lenovo yang belum banyak orang ketahui khususnya di Indonesia dengan pengaruh pemasaran barang dagang tersebut.a

VisionStatement
“YOUR TRULY VALUE & RELIABLE IT PARTNER”

 Mission Statement

  1. Kepercayaan Customers, Vendors, dan Staff adalah modal utama kami.
  2. Kami akan memberikan value terbaik untuk setiap pelanggan kami. Bukan hanya sekedar transaksi jual beli biasa.
  3. Kami akan memberikan Effort dan usaha terbaik serta kecepatan untuk bisa membantu dan menyelesaikan kebutuhan anda.
  4. Bagi kami, Partner adalah saling menguntungkan kedua belah pihak.
  5. Tanggung jawab adalah prioritas kami

 Tujuannya adalah ingin menjadikan produk lenovo dikenal sebagai produk laptop,pc,hp,tablet yang berkualita tinggi dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh pengguna di dunia dengan mengedepankan kualitas produk yang baik sesuai dengan value yang ditawarkan,sasarannya meliputi seluruh pengguna IT di dunia.g

ANALISIS SWOT

Kekuatan :

  1. Integrasi vertikal. Strategi Lenovo untuk mengintegrasikan secara vertikal telah dilunasi. Perusahaan dapat menjaga biaya tetap rendah, bersaing dengan kecepatan, inventory control dan kurang pada produsen peralatan asli (OEM) mengandalkan.
  2. Pengetahuan tentang pasar Cina. Lenovo telah muncul di China dan terus menjadi salah satu pemain terbesar di pasar tanah air. Pengetahuan perusahaan pasar Cina dan kemampuan yang sesuai dengan selera Cina menghasilkan untuk penerimaan yang luas dan dukungan untuk produk-produk perusahaan.
  3. Biaya produksi rendah. Lenovo memproduksi hampir setengah dari perangkat keras dan telah mendirikan pabrik produksi di daerah murah seperti Cina, Brasil dan Argentina untuk mendapatkan keuntungan dari margin yang lebih tinggi. Hal ini juga mampu memproduksi produk murah yang harga yang kompetitif.
  4. Kompetensi dalam merger dan akuisisi. Lenovo telah terus mengakuisisi perusahaan untuk membawa paten, kemampuan baru, aset dan keterampilan untuk perusahaan. Yang paling penting, melalui akuisisi yang sukses dan usaha patungan, Lenovo diakses pasar baru dan jaringan distribusi. Compaq adalah yang paling terkenal dan sukses akuisisi Lenovo.
  5. Paten portofolio yang kuat. Dengan akuisisi Compaq dan periuk dan bantuan perusahaan R & D, Lenovo telah mengumpulkan portofolio paten penting yang berhubungan dengan PC-nya dan bisnis perangkat lunak.
  6. Sinergi pengetahuan dan beragam tenaga kerja. Alih-alih model markas tradisional, Lenovo mengelola 3 pusat keunggulan di seluruh dunia (Amerika Serikat, Cina dan Singapura). Menggabungkan keahlian yang berbeda dan hasil sumber daya dalam sinergi dan produk-produk berkualitas premium.

 

Kuesioner Internal Factor Analysis Strategy

Untuk Mengetahui Kekuatan (Strength)

Faktor strategis

Nilai

Bobot

Rating

Skor

Integrasi vertikal

3

0.23

3

0.69

Biaya produksi rendah

4

0.3

3

0.9

Paten portofolio kuat

3

0.23

3

0.69

Kompetensi dalam merger dan akuisisi

3

0.23

3

0.69

Total

13

0.99

12

2.16

ukuran pembobotan :                                                       ukuran rating kekuatan :

  • 1 : sedikit penting                                                            1 : sedikit kuat
  • 2 : agak penting                                                                2 : agak kuat
  • 3 : penting                                                                          3 : kuat
  • 4 : sangat penting                                                            4 : sangat kuat

Kelemahan :

  1. Miskin persepsi merek di negara maju. Pasar utama Lenovo adalah Asia, di mana ia menjual sebagian besar produksinya. Perusahaan merasa sulit untuk mengakses pasar Amerika Serikat dan Eropa sebagai persepsi merek rendah di sana.
  2. Diferensiasi rendah. Selain harga rendah, produk Lenovo yang sedikit dibedakan dari produk pesaing dan berada dalam kerugian kompetitif jika harga yang ditawarkan oleh pesaing yang lebih rendah.
  3. Produk komoditas. Arus besar pendapatan Lenovo berasal dari komputer, terutama laptop, penjualan, yang merupakan produk commoditized. Hardware (komoditas) produk komputer yang dijual dengan margin keuntungan yang sangat rendah.

Kuesioner Internal Factor Analysis Strategy

Untuk Mengetahui Kelemahan (Weakness)

Faktor strategis

Nilai

Bobot

Rating

Skor

Miskin persepsi merek dinegara maju

4

0.3

-4

-0.12

Rendah deferensiasi

3

0.23

-3

-0.69

Komoditi produk

3

0.23

-3

-0.69

 

 

 

 

 

total

10

0.76

-10

-1.50

ukuran pembobotan :                                                   ukuran rating kelemahan :

  • 1 : sedikit penting                                                      * -1 : sedikit lemah
  • 2 : agak penting                                                         * -2 : agak lemah
  • 3 : penting                                                                  * -3 : lemah
  • 4 : sangat penting                                                     *-4 : sangat lemah

Peluang :

  1. Tumbuh pasar smartphone di India. Pasar smartphone di India adalah salah satu yang paling menembus antara negara-negara Asia / Pasifik. Lenovo dengan mudah bisa menembus pasar India dengan sudah sukses LePhone harga rendah.
  2. Pertumbuhan pasar tablet. Lenovo saat ini menempati urutan ke-4 sebagai penjual tablet terbesar. Perusahaan bisa meningkatkan pangsa pasar dengan memperkenalkan produk-produk berkualitas baik.
  3. Mendapatkan paten melalui akuisisi. Jika Lenovo ingin mempertahankan pertumbuhan, perlu mendapatkan lebih banyak paten dan cara terbaik untuk melakukannya adalah untuk mendapatkan perusahaan yang memegang mereka, seperti yang terjadi dengan IBM Compaq.
  4. Pertumbuhan pasar tablet. Pasar tablet diperkirakan akan tumbuh dua digit selama beberapa tahun mendatang dan perusahaan memiliki kesempatan besar untuk merilis model tablet baru dan manfaat dari pertumbuhan pasar.

Analysis Strategy

                                                                                                       Untuk Mengetahui Peluang

Faktor strategis

Nilai

Bobot

Rating

Skor

Tumbuh pasar smartphone di india

2

0.2

2

0.4

Pertumbuhan pasar tablet

3

0.23

4

0.92

Mendapatkan paten melalui akuisisi

3

0.23

3

0.69

total

8

0.66

9

2.01

ukuran pembobotan :                                                                         ukuran rating peluang :

  • 1 : sedikit penting                                                                             * 1 : sedikit berpeluang
  • 2 : agak penting                                                                                 * 2: agak berpeluang
  • 3 : pentingan                                                                                      * 3 : berpeluang
  • 4 : sangat penting                                                                             * 4 : sangat berpeluang

Ancaman :

  1. Profit penurunan margin pada produk perangkat keras. Pendapatan utama Lenovo adalah dari menjual produk perangkat keras, yang harga akan meningkat di masa depan karena untuk kenaikan harga bahan baku. Hal ini akan menambah biaya untuk Lenovo dan selanjutnya akan memotong profit margin.
  2. Perlambatan laju pertumbuhan dari pasar laptop. Laju Pertumbuhan pasar komputer melambat dan dalam waktu dekat pasar akan menjadi jenuh. Ini akan membuktikan sulit bagi Lenovo untuk bersaing di pasar tersebut dan terus meningkatkan pangsa pasarnya.
  3. Jenuh pasar smartphone di negara maju. Meskipun Lenovo tidak bersaing di negara maju dengan smartphone itu akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan divisi smartphone dan memasuki ekonomi berkembang kemudian sebagai pasar smartphone ada sudah jenuh.
  4. Cepat perubahan teknologi. Ancaman serius yang Lenovo dan perusahaan teknologi lainnya yang dihadapi adalah perubahan teknologi yang cepat. Perusahaan berada di bawah tekanan untuk melepaskan produk baru lebih cepat dan lebih cepat. Salah satu yang tidak bisa mengikuti kompetisi segera gagal.
  5. Persaingan yang ketat. Perusahaan menghadapi persaingan yang ketat di semua segmen bisnis. Ini bersaing dari segi harga, kualitas, merek, teknologi, reputasi, distribusi dan berbagai produk, dengan Acer, Apple, Dell, HP dan Toshiba.

Analysis Strategy

                                                                                                       Untuk Mengetahui ancaman

Faktor strategis

Nilai

Bobot

Rating

Skor

Laba penurunan margin pada produk perangkat keras

3

0.23

-3

-0.69

Perlambatan laju pertumbuhan dari pasar laptop

2

0.2

-2

-0.4

Pasar smartphone jenuh dinegara maju

2

0.2

-2

-0.4

Perubahan teknologi yang cepat

3

0.23

-2

-0.46

total

10

0.86

-9

-1.95

ukuran pembobot :                                                                ukuran rating ancaman :

  • 1 : sedikit penting                                                                * -1 : sedikit mengancam
  • 2 : agak penting                                                                   * -2 : agak mengancam
  • 3 : penting                                                                             * -3 : mengancam
  • 4 : sangat penting                                                                * -4 : sangat mengancam

Analisis Matrik SWOT

Berdasarkan hasil-hasil yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti dituliskan di atas,  hasilnya dapat  dirangkum  sebagai berikut:

  • skor total kekuatan : 2.6
  • skor total kelemahan : -1.50
  • skor total peluang : 2.01
  • skor total ancaman : -1.95

dari skor total ini, maka penentuan posisi perusahaan dapat digambar sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada  Gambar ;

koordinat analisis internal :

(skor total kekuatan – skor total kelemahan): 2 = 0.55

koordinat analisis eksternal :

(skor total peluang – skor total ancaman):2 = 0.03

jadi titik koordinat terletak pada (0.55 ; 0.03 )

IMG00019-20130703-2343

 

Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut, maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I namun cenderung dekat pada kuadran IV sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini :

Tabel

Luasan Matrik dan Prioritas Strategi

Kuadran Posisi titik Luas matrik Ranking Prioritas Strategi

I

2.01 ; 2.6

5.22

1

Growth

II

2.01 ; -1.50

-3.01

3

Stabilitas

III

-1.50 ; -1.95

2.92

2

Penciutan

IV

-1.95 ; 2.6

-5.07

4

Kombinasi

 

Uraian mengenai posisi ranking luas matrik kuadran pada Tabel diatas antara lain :

1. Ranking ke 1 : Pada kuadran ke I dengan luas matrik 5.22

2. Ranking ke 2 : Pada kuadran III dengan luas matrik 2.92

3. Ranking ke 3 : Pada kuadran II dengan luas matrik -3.01

4. Ranking ke 4 : Pada kuadran IV dengan luas matrik -5.07

blog

Keterangan :

  1. Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
  2. Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
  3. Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
  4. Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang

penjelasan :

  • kuadran I : strategi yang dilakukan adalah melakukan integrasi vertikal untuk kestabilan dan kenaikan pasar
  • kuadran II : mendapatkan paten akuisisi agar pertumbuhan pasar lenovo terhindar dari deferensiasi
  • kuadran III : terus memperluas promosi produk agar konsumen mengerti tentang produk lenovo
  • kuadran IV : Menggabungkan keahlian yang berbeda dan hasil sumber daya dalam sinergi dan produk-produk berkualitas premium.

img031

img037

STRATEGI UNIT BISNIS

KEY PERFORMANCE INDICATOR

UKURAN

BASE LINE

SASARAN

REALITA

PENCAPAIAN

SKOR KINERJA

 

HASIL

WAKTU

HASIL

WAKTU

Minimalkan penggunaan berbahaya atau berpotensi
bahan berbahaya.

Ketersediaan produk halogen rendah

BAHAN PRODUK

100 %

Transisi pilih Lenovo Produk untuk halogen rendah.

2008-2011

Lenovo terdaftar di ISO no 14001

2008-2011

100 %

100 %

Meningkatkan penggunaan PCC di Lenovo Produk.

  • % PCC
  • % Produk dengan PCC
  • Meningkatkan% Konten Pasca Konsumen (PCC)
    dibeli untuk CY 2011 sebesar 20% dibandingkan dengan CY 2010.
  • 100 % Produk lenovo

-

Mendorong pengurangan emisi CO2 yang terkait dengan
pengoperasian produk.

  • Model dengan PCF didirikan
  • % Dari model ENERGY STAR ® berkualitas

ENERGI PRODUK

-

  • Menetapkan Produk Carbon Footprint (PCF) di semua Lenovo produk keluarga
    oleh 2012/03/31
  • Meningkatkan% dari ENERGY STAR ® model desktop yang berkualitas.

-

Minimalkan penggunaan konsumsi bahan kemasan
saat mengemudi penggunaan lingkungan yang berkelanjutan
bahan.

  • Penggunaan bahan
  • Ukuran kemasan (jumlah material yang dikonsumsi)

KEMASAN PRODUK

-

  • Terus menerapkan penggunaan bahan kemasan yang berkelanjutan di seluruh BU.
  • Terus bekerja menuju penghapusan EPS di seluruh BU.
  • Mengurangi ukuran kemasan untuk produk tertentu.

-

Mengurangi emisi gas rumah kaca terkait transportasi
yang timbul dari operasi Lenovo.

MT CO2e

KINERJA PEMASOK

-

Menetapkan dasar transportasi produk dengan 2012/03/31.

Meminimalkan dampak lingkungan yang potensial dari
Lenovo Kategori 1, 2 dan 3 pemasok

  • Cat 3% pemasok diaudit
  • Pemasok lingkup 1 dan 2 emisi

-

  • 100%
  • Mengidentifikasi, mengevaluasi dan merekomendasikan strategi pengelolaan emisi relatif
    ke pemasok emisi gas rumah kaca 2012/03/31.

Meminimalkan dampak lingkungan yang terkait dengan solid
limbah yang dihasilkan dari operasi dan produk Lenovo

  • intensitas limbah
  • Sampah tidak berbahaya% daur ulang

KINERJA SITUS LENOVO

  • Penurunan intensitas buang tahun ke tahun.
  • 90 %

Memantau, mengelola dan mengurangi konsumsi energi

  • MWh
  • Unit/KWh
Penurunan intensitas energi tahun ke tahun.

Pengurangan mutlak dalam CO2e.

Metrik ton CO2e
  • -13% Pada 2013/03/31 re: TA 2009/10
  • -16% Pada 2016/03/31 re: TA 2009/10
  • -20% Pada 2020/03/31 re: TA 2009/10
    12

 

Skor kinerja total

 

Skor kinerja rata-rata

Magic Quadrant untuk Global Enterprise Desktop dan Notebook

234281_1KEKUATAN DAN KELEMAHAN :

ACER

Meskipun Acer adalah pembangkit tenaga listrik global dalam PC konsumen, belum mampu menerjemahkan bahwa kesuksesan ke pasar perusahaan global. Di wilayah-wilayah tertentu (Eropa dan Afrika), perusahaan telah membentuk kemampuan perusahaan yang baik, namun tingkat komitmen, produk dan arah yang tidak konsisten di seluruh geografi. Pelanggan yang membutuhkan tingkat tinggi layanan dan dukungan untuk PC harus berharap untuk mengandalkan mitra saluran lokal, terutama jika mereka beroperasi di beberapa negara. Pengguna mungkin perlu membuat kesepakatan terpisah untuk masing-masing daerah, dan eksekusi bisa konsisten sebagai hasilnya.

kekuatan :

  • Acer memiliki visibilitas pasar yang baik
  • Ini memberikan persembahan wilayah yang baik dalam pendidikan dan untuk usaha kecil atau menengah yang didukung oleh jaringan saluran mitra yang baik
  • Acer memiliki beberapa penawaran produk global, dengan rantai pasokan yang sangat efisien dan kehadiran pasar yang kuat di banyak daerah, tapi sebagian besar ditargetkan untuk bisnis transaksional.

kelemahan :

  • Besar tingkat perusahaan penawaran produk Acer lemah. Sistem komersial ditargetkan pada transaksional (usaha kecil dan eceran) pasar.
  • tidak memiliki layanan global dan kemampuan dukungan dan telah membatasi manajemen account global.
  • Citra dan program stabilitas platform yang terbatas.

APEL

Peningkatan jumlah perusahaan yang tertarik dalam pengadaan Mac untuk seluruh atau sebagian dari armada global mereka. Apple telah sengaja memilih untuk fokus bisnisnya kepada konsumen. Ini tidak agresif mengembangkan program dan layanan bagi pelanggan perusahaan global. Untuk organisasi yang memiliki ketergantungan yang kuat pada aplikasi Windows, keputusan untuk mengadopsi Apple Mac dapat menjadi usaha yang lebih kompleks, karena Mac tidak langsung saling dipertukarkan dengan PC dari vendor lain di pasar. Organisasi yang beroperasi beberapa negara mungkin akan perlu untuk membuat pengaturan terpisah di masing-masing daerah, dengan mitra lokal membuat penyebaran global lebih kompleks.

kekuatan :

  • Apel pameran desain produk unggulan dan inovasi.
  • memiliki stabilitas keuangan dan organisasi
  • Apel menunjukkan kekuatan di sektor-sektor vertikal tertentu di mana alat-alat pembuatan media high-end diperlukan.

kelemahan :

  • Apel memiliki layanan global yang konsisten dan kemampuan dukungan.
  • Organisasi penjualan global perusahaan yang berfokus dan kemampuan manajemen account terbatas.
  • tidak memiliki penawaran produk perusahaan yang berfokus.

DELL

Dell adalah pemasok PC perusahaan yang kuat dengan cakupan global yang baik dan kemampuan. Meskipun perusahaan menyediakan produk yang baik dan telah didukung kemampuan layanan seluruh dunia, pelaksanaannya terus menjadi tidak konsisten, dengan beberapa pelanggan mengeluh pengiriman terlambat dan tingkat dukungan konsisten. Sebagai perusahaan memposisikan dirinya di luar akar PC-nya, kita melihat itu menjadi kurang kompetitif pada harga PC, tetapi memperluas jangkauan produk dan jasa yang dapat memberikan. Ini termasuk penambahan baru-baru thin client melalui pembelian Wyse Technology. Dell adalah pemasok layak kuat untuk semua kebutuhan bisnis PC, dan untuk organisasi global dan perusahaan besar.

kekuatan :

  •  Dell menawarkan produk berkualitas baik, program dan layanan yang ditargetkan untuk pelanggan perusahaan global di pasar yang matang.
  • Memiliki tingkat kuat dari manajemen account untuk pelanggan perusahaan global.
  • Model produk yang luas mencakup berbagai faktor bentuk, termasuk klien tipis.
  • Perusahaan ini menyediakan cakupan global umumnya baik.

kelemahan :

  • Dell mengalami masalah eksekusi untuk beberapa account global besar, yang menghasilkan respon buruk dan harga kurang kompetitif.
  • Perusahaan menengah yang tidak mencapai “status account dunia” dengan Dell mungkin mengalami layanan tidak konsisten dan tingkat dukungan.
  • Meskipun Dell memiliki cakupan global yang baik, di beberapa wilayah, pelanggan mengalami pelayanan yang tidak merata dan tingkat dukungan di beberapa daerah, terutama di pasar negara berkembang.
  • Meskipun mitra saluran memainkan peran yang lebih penting dalam bisnis perusahaan dibandingkan dengan masa lalu, saluran keseluruhan Dell ke pasar masih terbatas.

FUJITSU

Fujitsu telah meningkatkan kemampuannya untuk mengeksekusi pada basis global dan memberikan pilihan yang baik untuk pembelian perusahaan bagi banyak organisasi. Meskipun operasi AS masih relatif lemah, telah menambahkan desktop dan didukung kemampuan Amerika Utara. Fujitsu juga merupakan pemasok yang kuat tablet PC pena, merupakan segmen penting dengan Windows 8.

kekuatan :

  • Fujitsu menawarkan berbagai berkualitas tinggi, produk kelas enterprise dengan ketersediaan global, termasuk desktop.
  • Dengan Fujitsu garis yang kuat produk pen-tablet yang dirancang untuk pasar vertikal, itu adalah posisi yang baik untuk Windows 8 implementasi tablet perusahaan.
  • Harga global, manajemen account dan penawaran layanan yang membaik.
  • Fujitsu memiliki dikelola portofolio layanan baik desktop di seluruh Eropa.

kelemahan :

  • Kehadiran dan investasi global Fujitsu difokuskan terutama pada Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Jepang.
  • Erosi pangsa pasar telah stabil, tapi posisi pangsa pasarnya menimbulkan pertanyaan tentang investasi berkelanjutan dalam program dan layanan global.
  • Penekanannya pada kemampuan manajemen rekening global dan besar telah tidak konsisten, meskipun perbaikan telah dicatat.

HP

HP tetap penyedia PC terkuat keseluruhan, dengan kehadiran global yang kuat dan portofolio layanan dan produk. Ini merupakan pemasok layak yang kuat untuk pelanggan perusahaan global, terlepas dari ukuran bisnis. Peristiwa mengganggu tahun 2011 tidak lagi menjadi perhatian, dan pelanggan HP tidak memiliki alasan khusus untuk peduli tentang organisasi saat ini. Kami melihat tanda-tanda positif yang HP memfokuskan kembali pada upaya PC sebagai mendekati 2013. Meskipun kami telah melihat beberapa tanda-tanda melemahnya kecil pangsa pasar dan harga kurang kompetitif, secara keseluruhan, kami tidak memiliki kekhawatiran tentang HP sebagai penyedia PC perusahaan.
kekuatan :

  • HP memiliki pemahaman yang baik tentang pasar dan pelaksanaan yang baik dari strategi pasar.
  • Memiliki manajemen account yang baik untuk pelanggan perusahaan global terbesar nya.
  • HP memiliki portofolio produk yang luas diantara para pesaingnya, yang mencakup semua faktor bentuk.
  • Ikatan saluran yang kuat memberi HP pilihan yang lebih besar untuk pemenuhan, yang merupakan keuntungan – terutama di kalangan organisasi menengah dan dalam beberapa negara berkembang.
  • HP menyediakan respon terbaik di kelas masalah pasokan industri.

kelemahan :

  • Merek PC HP tumpang tindih dapat membingungkan dan mungkin mendapatkan lebih di era consumerization.
  • Implementasi global, terutama yang melibatkan koordinasi di beberapa negara, telah mengalami masalah meningkat selama setahun terakhir. Namun, tenaga penjualan restrukturisasi terlihat dirancang untuk menanggapi masalah terbaru tentang rekening global.

LENOVO

Lenovo telah secara konsisten memperbaiki posisinya baik dalam kemampuan global dan pemahaman pasar selama beberapa tahun terakhir, dan pertumbuhan pangsa pasarnya telah mencerminkan perbaikan ini. Hal ini terus memberikan produk yang dirancang dengan baik dengan harga yang sangat kompetitif. Lenovo menjadi pilihan kuat untuk organisasi yang membutuhkan penyebaran PC global, dan merupakan pemasok yang layak yang kuat untuk semua notebook bisnis dan persyaratan dekstop.

kekuatan :

  • Desain produk Lenovo yang kuat, dengan investasi berkelanjutan dalam pengembangan kemampuan.
  • Merek ThinkPad yang didirikan, terkenal dan berkualitas tinggi.
  • Lenovo telah membuat perbaikan berkelanjutan dalam penjualan strategi, saluran dan rantai pasokan, dikombinasikan dengan pendekatan kompetitif agresif untuk pasar korporasi.
  • meningkatkan fokusnya pada geografi yang sulit, seperti negara-negara Afrika.
  • Lenovo meningkatkan penawaran layanan dengan memindahkan koordinasi dan kontrol di-rumah.

kelemahan :

  • Memperluas merek produk adalah menciptakan beberapa tumpang tindih, yang dapat membingungkan untuk organisasi menengah.
  • Harga agresif saat ini dari Lenovo mungkin tidak membawa maju di masa mendatang.
  • Diferensiasi yang disediakan oleh perangkat lunak ThinkVantage Lenovo terkikis. Penawaran alternatif dari Microsoft dan pihak ketiga adalah meningkatkan dan sering bebas, mengurangi nilai alat unik Lenovo.
  • Dari pemain yang lebih besar, upaya Lenovo untuk memperluas luar PC untuk memberikan layanan yang lebih luas dan kemampuan data center yang tidak berkembang dengan baik dan mungkin memerlukan pelanggan untuk berurusan dengan beberapa vendor.

PANASONIC

Panasonic adalah penyedia komputer notebook ruggedized dan semiruggedized. Meskipun Panasonic tidak diposisikan untuk memenuhi semua kebutuhan PC global organisasi, dalam target pasarnya, ia menyediakan tingkat dukungan yang solid dan kemampuan.

kekuatan :

  • Panasonic memiliki kemampuan teknik yang sangat baik.
  • Memiliki pemahaman yang kuat tentang pasar vertikal yang dipilih.
  • Panasonic adalah pemasok layak produk ruggedized dan semiruggedized, dengan sejarah panjang kepemimpinan dalam ceruk pasar.
  •  Memiliki pemahaman yang kuat tentang mobile broadband dan integrasi nirkabel lainnya.
  • Panasonic telah diinvestasikan dalam ekspansi operasi global, namun, cakupan ini belum ke tingkat cakupan global vendor terkemuka.

kelemahan :

  • Kurangnya persembahan desktop yang membuatnya pantas jika vendor PC satunya yang diinginkan.
  • Panasonic tidak memiliki kehadiran global yang konsisten. Layanan global dan dukungan tergantung pada mitra.
  • memiliki pengalaman terbatas dengan pengguna mainstream di luar solusi vertikal.

TOSHIBA

Meskipun Toshiba menyediakan berbagai notebook ditargetkan pada pembeli bisnis, fokus global telah bergeser semakin ke arah konsumen dan pasar usaha kecil. Dalam beberapa geografi (terutama Kanada dan Australia), Toshiba mempertahankan kehadiran komersial yang kuat, namun kemampuan global secara keseluruhan menurun.

kekuatan :

  • Toshiba memiliki desain produk yang baik dan pengembangan kemampuan, dengan rekayasa sangat dihormati.
  •  Memiliki kemampuan perusahaan yang kuat di daerah tertentu, termasuk Kanada dan Australia.

kelemahan :

  • Kurangnya persembahan desktop yang membuat Toshiba pantas jika vendor PC satunya yang diinginkan.
  •  Perusahaan fokus telah bergeser ke arah pasar notebook nonenterprise.
  • Pelanggan yang membutuhkan tingkat tinggi layanan dan dukungan untuk notebook mereka kemungkinan akan mengalami eksekusi tidak konsisten, terutama jika beroperasi di beberapa negara.

 ANALISIS PERSAINGAN LENOVO DENGAN PESAING UTAMA

img060

ANALISIS PERSAINGAN LENOVO DENGAN PRODUK PENGGANTI

img034

Kriteria Evaluasi
Kemampuan untuk Execute

Sumbu ini mengevaluasi vendor PC pada kualitas dan efisiensi dari proses, sistem, metoda atau prosedur yang memungkinkan kinerja mereka untuk menjadi kompetitif, efisien dan efektif, dan untuk memberikan dampak positif pendapatan, retensi dan reputasi. Pada akhirnya, desktop dan notebook perusahaan penyedia global dinilai berdasarkan kemampuan dan keberhasilan dalam memanfaatkan visi mereka mereka.

Kemampuan untuk Execute terdiri dari kriteria berikut:

  • Ketersediaan produk – portofolio produk dan jangkauan
  •  Viabilitas keseluruhan (unit bisnis, keuangan, strategi, organisasi) – kualitas produk dan ketersediaan, layanan dan dukungan, serta kekuatan keuangan vendor
  • Penjualan eksekusi / harga – ketersediaan tim penjualan khusus
  • Pelaksanaan pemasaran – pangsa pasar vendor di pasar perusahaan global
  • Respon pasar dan track record – kemampuan untuk merespon perubahan kondisi pasar untuk mencapai keberhasilan kompetitif
  • Pengalaman pelanggan – Kemampuan vendor untuk memberikan dukungan dan layanan
  • Operasi – faktor yang berdampak kemampuan vendor untuk memenuhi komitmen
  • Kinerja lingkungan dan kemampuan, termasuk rantai pasokan dan produk

img030

Kelengkapan Visi

Dalam bahasan ini mengevaluasi dekstop dan vendor notebook pada kemampuan mereka untuk meyakinkan mengartikulasikan pernyataan logis tentang arah dan masa depan pasar, inovasi, kebutuhan pelanggan dan kekuatan kompetitif, dan seberapa baik mereka memetakan ke posisi Gartner. Pada akhirnya, desktop dan notebook penyedia perusahaan global yang dinilai pada pemahaman mereka tentang bagaimana kekuatan pasar dapat dimanfaatkan untuk menciptakan peluang bagi penyedia.

Kelengkapan Visi terdiri dari kriteria berikut:

  • Pemahaman pasar – mekanisme umpan balik pelanggan
  • Strategi pemasaran – kemampuan vendor untuk menyediakan berbagai layanan profesional
  • Strategi Penjualan – kemampuan vendor untuk bekerja dengan pelanggan melalui tenaga penjualan dan penjualan alat-alat
  • Penawaran (produk) strategi – kekuatan vendor dalam R & D dan kemampuan desain produk, dan kemampuan vendor untuk menawarkan stabilitas gambar
  • Vertikal / strategi industri – kemampuan menyediakan layanan vertikal-spesifik
  • Inovasi – inovasi produk, pendekatan untuk menyediakan model pengiriman aplikasi alternatif dan hijau solusi TI
  • Strategi geografis – kemampuan menyediakan produk dan jasa secara global
  • Program lingkungan, termasuk tujuan keberlanjutan dan proses

Evaluation Criteria

Weighting

Market Understanding

High

Marketing Strategy

Standard

Sales Strategy

Standard

Offering (Product) Strategy

High

Business Model

No Rating

Vertical/Industry Strategy

Standard

Innovation

High

Geographic Strategy

Standard

 Tinjauan Pasar

Organisasi global belum tentu perusahaan yang sangat besar dengan puluhan ribu pengguna, namun mereka memiliki persyaratan tertentu yang menimbulkan tantangan unik kepada pemasok PC. Untuk pelanggan perusahaan global, harga merupakan pertimbangan penting, tetapi biasanya tidak kriteria pembelian primer. Sebaliknya, proses keputusan pembelian mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk kemampuan untuk memberikan layanan yang tepat dan mendukung penyebaran global. Bekerja dengan desktop dan notebook vendor yang dapat memenuhi persyaratan ini membantu mengurangi total biaya kepemilikan PC.

 

Pasar PC adalah pasar yang matang, dan kita terus melihat tanda-tanda potensi konsolidasi. Atribut yang kita ambil dalam Magic Quadrant mencakup komitmen untuk pasar perusahaan dengan vendor PC profesional mapan dan kemungkinan bahwa pemain konsumen akan memperluas kemampuan perusahaan global mereka. Karena pelanggan sebagian besar perusahaan telah pindah ke strategi tunggal pemasok untuk pembelian PC mereka, kami menempatkan nilai tinggi pada luasnya produk yang didukung oleh jaringan saluran yang kuat. Gartner menganggap kehadiran global sebagai kriteria penting untuk mengevaluasi pemasok PC potensial. Para Pemimpin dalam Magic Quadrant adalah semua vendor internasional yang dapat menyediakan produk dan layanan yang konsisten di beberapa daerah. Beberapa pemain bersifat global, tetapi tanpa kemampuan perusahaan manajemen account dan / atau program platform yang stabil eksplisit. Meskipun vendor kecil juga bisa bermain efektif di pasar PC perusahaan, kurangnya kemampuan global untuk pengiriman dan / atau dukungan akan menempatkan mereka ke dalam Niche Players atau posisi Challengers. Beberapa pemain yang lebih kecil mengkhususkan diri dalam pasar vertikal tertentu.

 

Selama akhir 2011 dan 2012, pasar PC korporat telah menantang untuk banyak pemain. Sementara siklus penggantian PC terus menopang penjualan unit perusahaan secara keseluruhan, persaingan di pasar PC sengit, dan banyak pembuat PC telah berjuang untuk mempertahankan tingkat diskon yang ditawarkan di tahun-tahun sebelumnya. Seperti pada tahun 2011, kami terus melihat kasus di mana atribut yang memenuhi syarat PC sebagai model kelas bisnis – yang meliputi unsur-unsur seperti stabilitas gambar panjang, siklus hidup produk lama dan garansi standar tiga tahun – yang terkikis dan disingkat oleh vendor untuk mempertahankan margin. Pada saat yang sama, efek dari gangguan pasokan akibat bencana alam (misalnya, gempa bumi Jepang dan Thailand banjir) telah menciptakan tantangan serius dalam pengiriman produk dan terkena perbedaan dalam rantai pasokan penjual.

 

Ke depan, pasar PC mengalami pergolakan yang signifikan sebagai vendor perusahaan tradisional bersaing dengan penawaran konsumen dan kelas baru perangkat untuk anggaran TI. Pemain baru yang berebut untuk posisi di lingkungan perusahaan, tetapi hanya sedikit yang membuat terobosan signifikan seperti yang belum. Kami termasuk beberapa pemain yang fokus utama adalah pada pasar PC konsumen, dan kami terus memantau orang lain untuk melihat apakah mereka memenuhi kriteria inklusi kami. Memasuki 2013, meningkatnya minat dalam perangkat mobile dan tablet akan memberikan kesempatan bagi para pembuat PC untuk berinovasi dengan faktor bentuk baru, tetapi juga akan menciptakan risiko bagi mereka yang tidak dapat memberikan keseimbangan yang tepat kualitas, harga dan diferensiasi. Meskipun kita belum dianggap tablet sebagai bagian dari Magic Quadrant tahun ini, kami telah disesuaikan bobot sekitar inovasi dan pendekatan secara keseluruhan untuk pasar ponsel untuk mencerminkan semakin pentingnya ini bagian dari pasar.

 

Posisi relatif dari vendor :

  • Lenovo telah naik sehubungan dengan Kemampuan untuk Execute, mencerminkan posisi pasar bergelombang.
  • Fujitsu telah melihat beberapa perbaikan kecil dalam Kelengkapan nya Visi dan Kemampuan untuk Execute, terutama karena perbaikan dalam kemampuan global.
  • Dell telah melihat beberapa perbaikan pada Kelengkapan Visi tetapi telah melihat Kemampuan untuk Execute terkikis sepanjang tahun oleh beberapa dukungan pelanggan tidak konsisten dan harga kurang kompetitif.
  • Posisi HP tetap relatif tidak berubah dari tahun lalu, karena perbaikan dalam stabilitas organisasi telah seimbang dengan masalah dengan manajemen akun global.

STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK YANG DICAPAI OLEH LENOVO G SERIES

img061

EVALUASI

  • Produk / Jasa: barang inti dan layanan yang ditawarkan oleh vendor yang bersaing dalam / melayani pasar didefinisikan. Ini termasuk produk / jasa kemampuan saat ini, kualitas, fitur set dan keterampilan, baik yang ditawarkan native atau melalui perjanjian OEM / kemitraan, sebagaimana didefinisikan dalam definisi pasar dan rinci dalam subkriteria tersebut.
  • Viabilitas keseluruhan (Unit Bisnis, Keuangan, Strategi, Organisasi): Viabilitas mencakup penilaian kesehatan keuangan keseluruhan organisasi, sukses finansial dan praktis dari unit bisnis, dan kemungkinan bahwa unit bisnis individu akan terus berinvestasi dalam produk, akan terus menawarkan produk dan akan memajukan keadaan seni dalam portofolio organisasi produk.
  • Penjualan Eksekusi / Harga: kemampuan The vendor dalam semua kegiatan presales dan struktur yang mendukung mereka. Ini termasuk manajemen kesepakatan, harga dan negosiasi, dukungan presales dan keefektifan saluran penjualan.
  • Responsiveness Pasar dan Track Record: Kemampuan untuk merespon, mengubah arah, menjadi fleksibel dan mencapai sukses yang kompetitif sebagai kesempatan berkembang, pesaing bertindak, kebutuhan pelanggan berkembang dan perubahan dinamika pasar. Kriteria ini juga mempertimbangkan sejarah vendor responsif.
  • Pemasaran Eksekusi: kejelasan, kualitas, kreativitas dan efektivitas program yang dirancang untuk menyampaikan pesan organisasi untuk mempengaruhi pasar, mempromosikan merek dan bisnis, meningkatkan kesadaran produk, dan membangun identifikasi positif dengan produk / merek dan organisasi dalam pikiran pembeli. Pikiran ini pangsa dapat didorong oleh kombinasi publisitas, inisiatif promosi, pikir kepemimpinan, kegiatan penjualan word-of-mulut dan.
  • Pengalaman Pelanggan: Hubungan, produk dan jasa / program yang memungkinkan klien untuk menjadi sukses dengan produk dievaluasi. Secara khusus, ini termasuk cara pelanggan menerima dukungan teknis atau dukungan akun. Hal ini juga dapat mencakup alat pendukung, program dukungan pelanggan (dan daripadanya kualitas), ketersediaan kelompok pengguna, SLA dan sebagainya.
  • Operasi: Kemampuan organisasi untuk memenuhi tujuan dan komitmen. Faktor mencakup kualitas struktur organisasi, termasuk keterampilan, pengalaman, program, sistem dan kendaraan lain yang memungkinkan organisasi untuk beroperasi secara efektif dan efisien secara berkelanjuta
  • Pasar Pemahaman: Kemampuan vendor untuk memahami pembeli ‘keinginan dan kebutuhan dan menerjemahkan mereka ke dalam produk dan layanan. Vendor yang menunjukkan tingkat tertinggi visi mendengarkan dan memahami keinginan dan kebutuhan pembeli, dan dapat membentuk atau meningkatkan mereka dengan visi tambah mereka.
  • Strategi Pemasaran: Yang jelas, dibedakan seperangkat pesan konsisten dikomunikasikan ke seluruh organisasi dan externalized melalui website, iklan, program pelanggan dan pernyataan positioning.
  • Strategi Penjualan: Strategi untuk menjual produk yang menggunakan jaringan yang sesuai dari penjualan langsung dan tidak langsung, pemasaran, layanan dan komunikasi afiliasi yang memperluas ruang lingkup dan kedalaman jangkauan pasar, keterampilan, keahlian, teknologi, layanan dan basis pelanggan.
  • Penawaran (Produk) Strategi: Pendekatan vendor untuk pengembangan produk dan pengiriman yang menekankan diferensiasi, fungsi, metodologi dan set fitur karena mereka memetakan kebutuhan saat ini dan masa depan.
  • Model Bisnis: kesehatan dan logika proposisi bisnis yang mendasari vendor.
  • Vertikal / Industri Strategi: Strategi vendor untuk mengarahkan sumber daya, keterampilan dan persembahan untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari segmen pasar individu, termasuk pasar vertikal.
  • Inovasi: Langsung, terkait, layout komplementer dan sinergis dari sumber daya, keahlian atau modal untuk investasi, konsolidasi, tujuan defensif atau pre-emptive.
  • Strategi Geografis: Strategi vendor untuk mengarahkan sumber daya, keterampilan dan persembahan untuk memenuhi kebutuhan khusus dari geografi di luar “rumah” atau geografi asli, baik secara langsung maupun melalui mitra, saluran dan anak, yang sesuai untuk itu geografi dan pasar.

 

Leave a Reply